alexarank

122 Tim Mahasiswa Bersaing di Shell Eco-Marathon Asia 2018

12 Mar 2018 00:05 | Dibaca 165 kali

26 tim mahasiswa asal Indonesia bersaing di kancah Asia untuk menjadi yang terbaik.

mobilwow - 122 Tim Mahasiswa Bersaing di Shell Eco-Marathon Asia 2018

MobilWOW, Singapura - Shell menggelar Make the Future Singapore 2018, sebuah festival yang menampilkan beragam gagasan dan inovasi untuk Asia, dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura S. Iswaran Executive Vice President Technology and Chief Technology Officer, Royal Dutch Shell Yuri Sebregts; dan Shell Singapore Chairman Goh Swee Chen pada hari ini di Changi Exhibition Center, Singapura.

Shell Eco-marathon Asia edisi kesembilan yang diikuti oleh 122 tim mahasiswa dari 18 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah, termasuk 26 tim mahasiswa dari Indonesia.

Dalam ajang tersebut, tim-tim mahasiswa berkompetisi dengan kendaraan ciptaan mereka untuk meraih gelar kendaraan paling hemat energi. Sebagai salah satu kompetisi dunia yang tertua untuk mahasiswa, Shell Eco-marathon merupakan sebuah program global yang menantang gagasan cemerlang para mahasiswa untuk mendesain dan membangun mobil-mobil yang sangat hemat energi serta menguji mereka di ajang kompetisi.

Darwin Silalahi, Country Chairman & President Director PT Shell Indonesia mengatakan, “Tantangan pemenuhan konsumsi energi serta transisi menuju pasokan energi terbarukan kedepan sangat nyata dan membutuhkan upaya kolaboratif berbagai pemangku kepentingan, seperti para pelaku bisnis, pemerintah, akademisi dan khususnya para mahasiswa. Kami meyakini, dengan dukungan semua pihak, kompetisi seperti Shell Eco-marathon ini akan mampu mendorong anak-anak muda untuk inovatif dan kreatif dalam mencari solusi dari permasalahan energi masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Shell Chief Technology Officer Yuri Sebregts mengatakan, tim mahasiswa berkompetisi dalam salah satu dari dua kategori yang diperlombakan. Yakni kategori Prototype kendaraan futuristik dan beraerodinamika tinggi – atau UrbanConcept. Merupakan kendaraan super ekonomis. Tahun ini, jumlah peserta kelompok UrbanConcept mengalami kenaikan signifika. Sebanyak 20 persen dibandingkan 2017 lalu.

Tim mahasiswa ini juga akan berkompetisi dalam tiga kategori berdasarkan sumber energi yang mereka gunakan yakni mesin pembakaran dalam atau Internal Combustion, Engine (ICE). Contohnya bensin, solar, etanol (bahan bakar nabati), sel bahan bakar hidrogen, dan baterai listrik.

mobilwow - 122 Tim Mahasiswa Bersaing di Shell Eco-Marathon Asia 2018

"Kami ingin berperan dalam transisi menuju masa depan rendah karbon, dan Shell Make the Future Singapore bertujuan untuk menginspirasi semua individu, masyarakat, pemerintah dan perusahaan di kawasan ini untuk bekerja sama dan mendorong terciptanya perubahan dengan cara yang bertanggung jawab. Kami mengharapkan festival ini dapat menginspirasi semua generasi baru, dan memicu terciptanya diskusi, kolaborasi dan inovasi untuk mengatasi tantangan energi dunia," terangnya.

Sementara itu, dalam perlombaan antar mahasiswa, Tim Indonesia yang merupakan pendatang baru dalam mobil Urban Concept kategori baterai elektrik. Mereka adalah tim mahasiswa Malem Diwa Urban dari Universitas Syiah Kuala, Nanggroe Aceh Darussalam.

Tim manajer Malem Diwa Urban, Agung Saputra mengatakan, ia berharap dapat mencapai hasil maksimal dalam perlombaan ini. "Selama ini kami mengikuti kompetisi sejenis yang dilaksanakan di dalam negeri dengan mobil berbahan bakar bensin. Di ajang internasional Shell Eco-marathon Asia 2018 ini, kami membangun mobil dengan sumber energi baterai elektrik. Kami harapkan mobil ini bisa memberikan hasil yang maksimal," bebernya.

Kendaraan yang diikutsertakan dalam perlombaan wajib melewati serangkaian uji teknis keta. Agar dapat berlaga di lintasan dan melihat seberapa jauh mereka dapat memacu kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang paling efisien.

Puncak acara ini adalah Drivers’ World Championship (DWC) Asia. Tim terbaik di tingkat regional akan menjadi wakil di ajang Driver’s World Championship Grand Final di London pada 8 Juli mendatang. Di ajang ini, tim tersebut akan berkompetisi secara langsung untuk menentukan pengemudi terandal yang paling efisien dalam berkendara.

Berita Terpopuler

Berita Lainnya

Berita Otomotif Terbaru

honda-kenalkan-robotika-humanoid-di-ces-2018
Honda membangun beragam teknologi robot untuk mewujudkan visi dimana robot dapat membantu aktivitas manusia.
seberapa-layak-all-new-honda-brio-di-inginkan
Jelas, sedan tanpa buntut ini membawa perubahan bentuk bodi yang lebih bongsor dari pendahulunya.
ini-dia-penampakan-asli-toyota-supra-terbaru
Sebelumnya, coupe Jepang ini pernah tampil dalam model yang terkamuflase bodi stiker dalam acara di Goodwood Festival of Speed ??tahun ini.

Mobil Baru Dijual

Toyota Agya  2018 - 52786
Toyota Calya  2018 - 52776
Fortuner 2018 - 52775
Terios 2018 - 52768
S 1.5 C Lux+ 2018 - 52750

Temukan Kami:


© 2013 | Privacy Policy
All Rights Reserved

Newsletter


Hubungi Kami
021-29022260
info[at]mobilwow.com