alexarank

8 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Musim Hujan

10 Feb 2018 20:58 | Dibaca 3543 kali

Beberapa hal berikut Anda harus ketahui ketika berkendara di musim penghujan, hingga hadapi banjir.

mobilwow - 8 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Musim Hujan

MobilWOW, Jakarta - Musim hujan datang lagi. Sejak beberapa hari lalu berbagai wilayah di Indonesia terus diguyur hujan lebat hingga menimbulkan masalah seperti kemacetan, pohon tumbang, tanah longsor, hingga banjir. Pemerintah pun terus mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan, terutama saat bepergian menggunakan kendaraan.

Untuk menyiasati agar musim hujan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, pastikan kesehatan Anda berada dalam kondisi prima. Jangan lupa juga perhatikan kondisi mesin dan sistem kelistrikan mobil serta perlengkapan penunjang lain seperti dongkrak, segi tiga pengaman, dan kotak P3K. Saat berkendara, kiat-kiat berikut dapat Anda ikuti agar tetap aman meski hujan mengguyur:

1. Pertahankan kecepatan sesuai dengan kondisi
Mengemudilah dengan kecepatan yang sesuai jarak pandang dan lingkungan sekitar, perhatikan apakah terdapat genangan air atau tidak, serta kondisi lapangan lainnya.

2. Gunakan selalu putaran mesin rendah
Jika mengendarai mobil dengan mesin menggunakan bensin, jaga putaran mesin di angka 2500 rpm. Namun bila mengendarai mobil dengan mesin diesel, jaga putaran mesin di angka 1800 rpm. Hal tersebut dibutuhkan agar mobil Anda tidak mengalami sliding sehingga traksi roda tetap optimal.

3. Hidupkan lampu day time
Gunakan lampu day time (lampu kecil). Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu hazards saat kondisi hujan. Perlakuan tersebut salah, karena lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi lain.

4. Perhatikan jarak pengereman
Saat kondisi hujan, proses pengereman membutuhkan jarak yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Anda harus mengatur jarak pengereman lebih jauh dari biasanya.

5. Hindari kecepatan tinggi pada genangan air tipis
Saat mobil melewati genangan air tipis, ban tidak dapat mencengkram jalan dengan baik sehingga berpotensi mengalami aquaplaning atau melayang. Akibatnya, mobil Anda akan tidak stabil saat melaju.

6. Hindari genangan air melebihi satu jengkal tinggi knalpot
Genangan air tinggi dapat mengakibatkan mobil mogok dan merusak mesin mobil. Sebaiknya Anda tidak menerobos genangan air tinggi apalagi banjir.

7. Jangan hidupkan mesin jika terjebak banjir
Jangan pernah menghidupkan mesin mobil yang sempat melalui genangan atau bahkan terendam banjir, karena dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

8. Waspada
Bagi yang bermukim di daerah rawan banjir atau longsor, Anda harus waspada! Pastikan mobil Anda dan sudah diasuransikan. Cek polis asuransi Anda apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko angin topan, badai, banjir & tanah longsor atau tidak.

Meski musim hujan datang, tapi dengan perilaku aman berkendara, perlengkapan yang cukup, dan wawasan menghadapi banjir, aktivitas sehari-hari Anda bisa jalan terus dan risiko buruk bisa diminimalkan.

(DF)

Berita Terpopuler

Berita Lainnya

Berita Otomotif Terbaru

ferrari-unik-ini-terlihat-seperti-melayang-di-udara
Ferrari 512S Modulo Concept adalah sebuah kit yang futuristik pada tahun 1970, ketika awalnya pecah di Geneva Motor Show.
prius-ini-lebih-cepat-dari-mobil-setan
Terlepas dari semua pekerjaan yang masuk ke dalamnya, Prius sebenarnya lebih ringan dari rata-rata Challenger SRT Demon (Setan).
pemerintah-korea-beri-sanksi-hukum-bagi-pelanggan-bmw
Terhitung dari 100.000 kendaraan BMW yang ditarik, sekitar 27.000 masih belum muncul untuk pemeriksaan dan perbaikan.

Mobil Baru Dijual

Toyota Agya  2018 - 51516
Honda CR-V  2018 - 51518
Daihatsu Ayla  2018 - 51517
Toyota Agya  2018 - 51492
Honda HR-V  2018 - 51519

Temukan Kami:


© 2013 | Privacy Policy
All Rights Reserved

Newsletter


Hubungi Kami
021-29022260
info[at]mobilwow.com