alexarank

Beroperasi Awal 2019, Tol Balikpapan-Samarinda Cikal-Bakal Tol Trans Kalimantan

07 Feb 2018 06:48 | Dibaca 360 kali

Tol Balikpapan-Samarinda akan jadi awal mula dari pembangunan jalan tol berikutnya di wilayah Kalimantan.

mobilwow - Beroperasi Awal 2019, Tol Balikpapan-Samarinda Cikal-Bakal Tol Trans Kalimantan

MobilWOW, Jakarta - Sebagai jalan tol pertama di Pulau Kalimantan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda digadang menjadi cikal-bakal Jalan Tol Trans Kalimantan. Jalan tol dengan total panjang 99,35 Km ini ditargetkan untuk bisa diselesaikan di penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019.

PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola jalan tol ini, melakukan segenap upaya percepatan agar memenuhi target yang telah ditentukan.

Langkah percepatan dan pembangunan yang masif dibuktikan oleh progres pembangunan konstruksi yang terbilang positif. Hingga awal bulan Februari 2018, pembangunan konstruksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda telah mencapai 48,48%.

Baca Juga: WOW ! Nissan GT-R Berlapis Emas 24 Karat Dijual USD 1 Juta

mobilwow - Beroperasi Awal 2019, Tol Balikpapan-Samarinda Cikal-Bakal Tol Trans Kalimantan

Meski progres pembangunan dinilai positif, Direktur Utama PT JBS Arie Irianto mengatakan, bahwa sejumlah permasalahan masih kerap ditemui di lapangan. Permasalahan utama yang ditemui di lapangan adalah mengenai pembebasan lahan khususnya di Seksi 4, dan terdapat sebagian trase jalan tol di Seksi 2 yang melalui kawasan hutan konservasi atau Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Suharto yang masih digarap warga.

Arie mengakui pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan langkah-langkah pembebasan lahan yang clean & clear bagi keperluan proyek. Sampai dengan tanggal 1 Februari 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 90,67%.

mobilwow - Beroperasi Awal 2019, Tol Balikpapan-Samarinda Cikal-Bakal Tol Trans Kalimantan

Jika sudah dioperasikan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat. Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 34 Km, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda, dari waktu tempuh semula menghabiskan 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

(DF)

Baca juga: WOW ! 5 Mobil Wow Yang Diinginkan Namun Tidak Di Pasarkan 

Berita Terpopuler

Berita Lainnya

Berita Otomotif Terbaru

menarik-kia-kembangkan-sistem-audio-pintar-di-mobil
Pabrikan Korea ini sedang mengerjakan sistem audio mobil jenis baru guna memberikan pendengaran berbeda bagi masing-masing penumpang.
csr-hankook-bagikan-air-bersih-ke-warga-sekitar-pabrik
Hankook Tire Indonesia, turut membantu masyarakat melalui Program CSR pembagian air bersih kepada masyarakat sekitar lokasi pabrik.
mungkinkah-ada-pickup-lexus-bakal-lahir
Tidak ada rumor menyatakan bahwa brand mewah Jepang tersebut akan mengembangkan jenis kendaraan niaga ringan untuk menghadapi persaingan di pasar Amerika Serikat.

Mobil Baru Dijual

All New Pajero 2018 - 51547
Honda BR-V  2018 - 51564
Suzuki Ertiga  2018 - 51568
S 1.5 C 2018 - 51508
Toyota Agya  2018 - 51516

Temukan Kami:


© 2013 | Privacy Policy
All Rights Reserved

Newsletter


Hubungi Kami
021-29022260
info[at]mobilwow.com