Jangan Lupa Bawa Ban Serep Jika Tak Ingin Dipenjara

17 May 2017 09:07 | Dibaca 1832 kali

Di Indonesia terdapat aturan yang tertuang dalam Pasal 57 ayat 3 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk selalu membawa ban serep.

mobilwow - Jangan Lupa Bawa Ban Serep Jika Tak Ingin Dipenjara

MobilWOW, Jakarta - Sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil, alangkah baiknya kita mengecek terlebih dahulu mengenai kelengkapan mobil. Karena jika tidak dapat menyulitkan disaat Kita berkendara. Salah satu hal tidak boleh dilupakan adalah membawa ban serep.

Meskipun biasanya ban serep kerap menjadi hal disepelekan karena memang tidak setiap saat dibutuhkan. Namun alangkah baiknya jika ban serep atau ban cadangan selalu ada di mobil. Karena jika saat dalam perjalanan mengalami ban kempis dan lokasinya jauh dari bengkel atau tukang tambal ban, ban serep merupakan solusi tepat.

Dengan begitu, pengemudi dapat memakai ban cadangan untuk dapat melanjutkan perjalanan, setidaknya hingga menemukan bengkel tambal ban. Setiap mobil baru selalu disertakan ban cadangan.

Namun sayangnya mobil-mobil keluaran terbaru berbeda dari mobil lawas, dimana ban serep pada mobil keluaran baru tidak selalu memiliki ukuran yang sama dengan empat ban utama mobil. Pihak pabrikan pun mengklaim bahwa ban serep fungsinya dipakai untuk sementara saja. Jika ban utama sudah diperbaiki, maka ban serep kembali masuk ke bagasi atau kolong mobil.

Dan yang pasti, mengendarai mobil tanpa membawa ban serep pengguna mobil bakal terkena masalah, karena tidak membawa ban serep merupakan perbuatan yang melanggar aturan berkendara di Indonesia. Aturan itu tertuang dalam Pasal 57 ayat 3 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tingkat kepentingannya bahkan setara dengan sabuk pengaman, dongkrak, segitiga pengaman, dan kotak pertolongan petama pada kecelakaan (P3K). Apabila pengguna mobil ketahuan tidak membawa ban serep, bakal dikenakan hukuman berupa kurungan penjara selama satu bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu.

(Deni)

Tips Terpopuler

Tips Lainnya

Berita Otomotif Terbaru

truck-mercy-dilengkapi-fitur-pantau-skuteris
Awalnya dikembangkan untuk pengendara sepeda, pejalan kaki dan rambu-rambu jalan,
lexus-lx-mendapatkan-peremajaan
Bocoran dari majalah terbitan Jepang, SUV premium ini berbenah untuk improvement.
begini-wujud-cars-transporter-masa-depan-ala-cybertruck
Desain antimainstream dilengkapi dengan enam belas roda.

Mobil Baru Dijual

Honda Brio  2019 - 54813
Toyota Agya  2019 - 54798
Honda Brio  2019 - 54807
Nissan Livina  2019 - 54808
Honda Brio  2019 - 54741

Temukan Kami:


© 2013 | Privacy Policy
All Rights Reserved

Newsletter


Hubungi Kami
021-29022260
info[at]mobilwow.com