Merawat Kendaraan yang Jarang Digunakan

12 Dec 2014 14:15 | Dibaca 13837 kali

Berikut beberapa langkah mudah merawat kendaraan yang jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

mobilwow - Merawat Kendaraan yang Jarang Digunakan

Meski kendaraan Anda terbilang kendaraan yang jarang digunakan, namun ternyata mobil tetap harus dirawat agar tetap prima dan berfungsi secara baik.

Sebagai contoh, memasuki musim mudik lebaran ataupun musim libur anak sekolah. Pastinya Anda akan melakukan perjalan baik dalam kota maupun ke luar kota dalam waktu yang cukup lama.

Pastikan Anda telah mencuci mobil Anda terlebih dulu sebelum ditinggalkan. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Sebagai langkah pertama, Anda harus membebaskan posisi rem tangan. Pastikan Anda jangan biarkan mobil dengan kondisi rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama. Hal ini untuk menghindari adanya kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan dengan tromol di roda belakang.

Masuk kelangkah berikutnya, pastikan Anda mengganjal wiper dengan busa/kayu. Hal ini untuk menghindari mengerasnya karet wiper jika terus bersentuhan dengan kaca mobil.

Jika tidak diganjal dalam waktu yang lama, karet wiper akan terasa kasar dan tidak lentur nantinya saat membasuh kaca depan mobil Anda.

Sementara langkah selanjutnya, Anda jangan biarkan keempat roda mobil menempel lantai
Kondisi keempat ban mobil harus terangkat, lakukan hal ini dengan dongkrak dan stand-jack.

Jadi dengan demikian suspensi mobil tetap terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Biasanya suspensi mobil akan naik-turun jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama. Hal ini mengakibatkan mobil tidak nyaman jika dipakai nanti.

Memasuki langkah berikutnya, jangan lupa untuk melepaskan aki jika mobil ditinggalkan lebih dari dua minggu.

Pasalnya, aki mobil merupakan komponen mobil yang sangat sensitif. Bila dalam waktu dua minggu mobil tidak pernah dinyalakan maka dapat berpengaruh terhadap aki. Aki akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan mobil yang setiap hari dipakai.

Dan yang tak kalah pentingnya, ganjal keempat ban mobil dengan balok untuk kondisi parkir miring. Hal ini dapat Anda lakukan jika garasi Anda mempunyai permukaan lantai yang miring.

Di tips pertama disarankan untuk membebaskan posisi rem tangan bila meninggalkan mobil dalam waktu lama. Jika permukaan lantai garasi miring, cukup ganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya agar posisi mobil tidak berubah.

Untuk yang terakhir, Anda pun harus memastikan dan tak lupa untuk memberi pengharum mobil dan tutupi mobil dengan cover.

Karena, dengan pengharum mobil tersebut dapat mengurangi bau tidak sedap dalam mobil jika ditinggalkan dalam waktu lama.

Partikel-partikel debu juga akan dengan mudah masuk ke dalam mobil melalui celah-celah mobil dan untuk menghindari hal ini, tutupi mobil dengan cover mobil yang dapat dibeli di toko aksesoris mobil.

(densferlyn)

Tips Terpopuler

Tips Lainnya

Berita Otomotif Terbaru

kia-kembali-tegaskan-kehadirannya-di-indonesia
Dengan payung bernama PT Kreta Indo Arta label perusahaan ini dibawah naungan Indomobil Group.
toyota-supra-bertenaga-1000-hp
Hasil modifikasi transmisi European Auto Group.
mantulmorris-van-ini-enggak-kalah-ramah-dengan-modern-cars
Modern, karena kini sebagai sumber penggerak roda tidak lagi berbahan bakar minyak.

Mobil Baru Dijual

Toyota Rush  2019 - 54646
Toyota Agya  2019 - 54610
Honda Brio  2019 - 54620
Toyota Agya  2019 - 54626
Honda Brio  2019 - 54603

Temukan Kami:


© 2013 | Privacy Policy
All Rights Reserved

Newsletter


Hubungi Kami
021-29022260
info[at]mobilwow.com